PC IAI Kabupaten Banggai
Berita IAIIndeks
Pengurus Cabang IAI Banggai

PC IAI Banggai Membahas Tuntas Perlindungan Hukum Bagi Apoteker

Rangkaian Kegiatan Seminar Nasional Keapotekeran dan Konfercab PC IAI Banggai

Left
banner 468x60

BANGGAI, APOTEKERBANGGAI  –  Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. membuka kegiatan Seminar Nasional Keapotekeran dan Konfercab Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Banggai 2023 di Hotel Santika Luwuk, Minggu, 26/2/2023.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh IAI Cabang Kabupaten Banggai ini diikuti oleh Peserta Seminar berjumlah 109 orang, terdiri dari 90 orang peserta luring dan 19 peserta daring, sedangkan peserta yang mengikuti Konferensi Cabang sebanyak 91 orang.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Foto: Istimewa / KabarLuwuk

Selain itu  Seminar Nasional Keapotekeran yang dilaksanakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Banggai juga diikuti oleh IAI Pengurus Cabang Kabupaten Banggai Laut, Pengurus Cabang Kabupaten Tojo Una-Una, Sigi, Poso, Palu, Sorong (Papua Barat), Minahasa Selatan (Sulawesi Utara), dan Halmahera Timur yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan yang dilakukan sehari penuh ini, mengambil topik materi  dengan 2 orang narasuumber  yang tediri dari pertama  Standar Pengolahan Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekusor di Fasilitas Pelayanan Kefarmasian yang dibawakan oleh Kepala Balai POM Palu apt. Agus Riyanto, S.Farm. Kedua   Apoteker Peduli Hukum Sebagai Upaya Menjaga Eksistensi Profesi Apoteker  yang dipaparkan seorang Pemerhati Hukum Kefarmasian apt. Hengki Kwee., S.H., S.Si., M.Comm.

Hal ini dilaksanakan karena melihat pentingnya peran Apoteker dalam pengelolaan Obat, Narkotika, Psikotropika, prekusor farmasi, suplemen kesehatan, obat tradisonal dan kosmetik serta perlindungan hukum dalam berpraktek.

Bupati Ir. H. Amirudin Tamoreka, MM  dalam sambutannya menyebutkan, bahwa apoteker merupakan salah-satu tenaga kesehatan profesional yang mempunyai peranan penting karena terkait langsung dengan pemberian pelayanan.

Keberadaan apoteker kata Bupati, tidak hanya terkait dengan permasalahan obat, namun apoteker dituntut untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku agar dapat menjalankan profesi secara profesional. Ujarnya.

“Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan fungsi dan peran farmasi di Kabupaten Banggai, lebih khusus dapat meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan obat di fasilitas pelayanan kefarmasian dan dapat memberikan informasi mengenai perlindungan hukum terhadap apoteker dalam melakukan praktik profesi,” kata Bupati.

Selanjutnya  Bupati Amirudin berharap, Ikatan Apoteker Indonesia mampu menjadi motor penggerak peningkatan kualitas dan kompetensi.

Untuk kepengurusan yang terbentuk nantinya, diharapkan mampu membuat terobosan-terobosan baru dan mampu melakukan evaluasi secara berkala untuk setiap program kerjanya, termasuk mengatasi kekurangan tenaga apoteker di puskesmas.

Pada kesempatan tersebut Bupati Banggai H. Amirudin yang didampingi oleh Ketua Pengurus Cabang IAI Kabupaten Banggai apt. Indra Pratama, S.Farm. dan Kepala Kantor Badan POM Banggai apt. Drs. Darman, MPPM. berkesempatan memberikan cendera-mata kepada Kepala Balai POM Palu apt. Agus Riyanto, S.Farm. dan Pemerhati Hukum Kefarmasian apt. Hengki Kwee., S.H., S.Si., M.Comm. yang diwakili oleh apt. Edward, S.Si. serta Ketua PD IAI Sulawesi Tengah diterima secara simbolis oleh apt. Norawati Suleman, S.Si.***

Artikel ini sudah tayang dengan judul “Bupati Banggai Membuka Seminar Nasional Apoteker dan Konfercab IAI” di https://kabarluwuk.com/bupati-banggai-membuka-secara-resmi-seminar-nasional-keapotekeran-dan-konfercab-iai/2/

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *